Cara menjinakkan burung yang gesit

Mempunyai burung yang jinak amatlah suatu kebanggaan tersendiri bagi si pemilik burung apalagi di tambah burung tersebut pandai berkicau menjadikan kita semakin sayang dan untuk mempunyai burung yang sudah jinak memerlukan usaha yang keras pada awalnya bila kita mempunyai burung yang masih liar tampak gesit apalagi burung tersebut baru kita dapatkan dari alam bebas tentunya kita harus bisa menjinakkan burung yang gesit tersebut supaya jinak, memang ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah untuk biasa menjadikan burung tersebut menjadi jinak.

Untuk bisa mendapatkan burung yang sudah jinak di pasaran memang hal yang mudah dan harga burung tersebut amatlah sedikit lebih mahal bila di bandingkan dengan burung yang masih gesit, untuk jenis burung cendet, pentet yang sudah jinak di pasaran ditawarkan seharga Rp.400 ribuan sedangkan burung cendet yang masih liar gesit lebih murah yaitu sekitar Rp.240 ribuan, keuntungan bila kita mempunyai jenis burung yang sudah jinak adalah:
  • Harga jual burung tersebut relatif mahal
  • Untuk penghoby burung peliharaan banyak memilih burung yang sudah jinak bila di bandingkan dengan burung yang masih gesiy jadi keuntunganya adalah banyak peminatnya


Sedangkan jenis burung yang mudah untuk dijinakkan adalah jenis burung nuri kepala hitam memang burung tersebut amatlah langka ditemukan di pasarang kerena memang burung tersebut termasuk jenis burung yang dilindungi, karena habitatnya yang semakin berkurang akibat perburuan liar.

Cara menjinakkan burung yang gesit

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menjinakkan burung yang masih gesit

1.Bila kita akan membeli burung usahakan membeli burung yang masih anakan, karena burung yang masih anakan mudah sekali untuk dijinakkkan.

2.Melakukan pemberian makanan burung tersebut usahakan menggunakan tangan dan yang perlu kita perhatikan adalah memberi makanan pada jenis burung paruh bengkok berhati hatilah saat mendekatkan makanan tersebut bisa bisa tangan kita di gigit.

3.Memegang burung, usahakanlah sesering mungkin untuk mengelus elus maupun membelai sayapnya diarah leher dan juga kepala.

4.Dekatkan sangkar burung tersebut pada tempat yang agak ramai, yang biasanya kita melewati tempat tersebut.

5.Memberikan makan secara teratur, untuk memberikan makanan bisa setiap pagi siang dan sore dan jangan lupa untuk menyediakan air di wadah yang disediakan untuk pemberian makanan selengkapnya baca Waktu yang tepat memberi makan burung peliharaan

6.Melakukan pembersihan di sekitar sangkar burung tersebut.
1 Komentar untuk "Cara menjinakkan burung yang gesit"

Betul betul, saya juga pernah melakukan hal seperti itu. dengan memelihara burung dari kecil, memberi makan dengan disuapin dan mengelus elusnya. Burung pun ketika besar menjadi jinak.

Hai! Saya ®ana Dengan adanya blog burungperkicau ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan © Blog ini membahas seputar burung dan juga cara merawat burung°