Cara mudah memberi perawatan burung prenjak ciblek

Banyak hal yang belum paham dan mengerti tentang perawatan pada burung jenis prenjak ciblek, biasanya burung prenjak terdapat dua jenis yang berbeda yaitu jenis burung prenjak berkepala merah dan prenjak yang mempunyai ekor panjang biasanya banyak yang menyebut prenjak ponorogo memang tampilan burung prenjak tersebut ekornya menyerupai ekor burung cenderawasih, burung prenjak biasanya banyak di ikut sertakan di ajang perlombaan, burung prenjak mempunyai ukuran badan yang relatif kecil dan gesit dan suaranyapun amat sangat nyaring.

oleh karena itu dengan dengan suaranya yang nyaring itulah para penghoby  maupun pemelihara burung jenis prenjak menjadikan burung ini sebagai burung masteran yang baik walaupun banyak juga jenis burung lainya yang mempunyai kicauan yang menarik contoh burung kicau lainya adalah burung jenis cucak hijau, burung cendet danburung kenari.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang sangat mudah untuk memberikan perawatan pada burung jenis prenjak atau burung ciblek.

 

Burung prenjak didalam sangkar
Terlihat burung prenjak sedang makan

Cara merawat burung prenjak tersebut adalah:
1.Merawat dengan cara memandikan burung tersebut pada pagi hari pada jam 7 atau pada jam 8, prose memandikan burung tersebut dilakukan dengan cara menyiram maupun menyemprot dengan botol dan kemudian jemurlah, proses penjemuran bisa dilakukan selama 2 jam saja di pagi hari.

2.Memberikan makanan jangkrik dan kroto atau untuk menghemat pengeluaran kita bisa memberikan makanan burung prenjak ciblek tersebut dengan ulat,untuk kroto sendiri usahakan dalam keadaan hidup begitu juga dengan jangkrik Baca juga Waktu yang tepat memberi makan burung peliharaan

3.Pemberian makanan jangkrik usahakan jangan terlalu banyak cukup sediakan jangkri tersebut 3 ekor saja di pagi hari dan sore hari, untuk kroto berikan sekitar 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

4.dengan melakukan perawatan kandang burung ciblek dengan cara membersihkan kotoran yang berada pada bagian bawah kandang tersebut karena memang pada bagian bawah kandang merupakan tempat kotoran tersebut berada.

5.Melakukan pemeriksaan pada bagian sangkar burung, pemeriksaan di mulai dari jarak renggang anyaman sangkar burung tersebut pastikan tidak terlalu lebar karena burung ini ukuranya sangat kecil bisa menerobos kandang burung.

Sebagai penghoby burung peliharaan kita seharusnya menjaga agar kondisi burung  tetap terawat dan mudah mudahan dengan beberapa cara diatas anda tidak kesusahan lagi untuk merawat burung jenis prenjak atau ciblek apalagi dengan melakukan perawatan rutin bisa menjadikan harga jual burung prenjak semakin mahal dan diminati.
0 Komentar untuk "Cara mudah memberi perawatan burung prenjak ciblek"

Hai! Saya ®ana Dengan adanya blog burungperkicau ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan © Blog ini membahas seputar burung dan juga cara merawat burung°