Cara merawat burung mata merah agar pandai berkicau

Kemarin saya sempat berwisata jalan jalan di kota ambon didalam perjalanan saya mendengarkan suara burung kicauan yang sangat lantang sempat saya bertanya kepada masyarakat sekitar nama burung yang berkicau tersebut, dan nama burungnya ada mata merah julukan mata merah diambil dari warna kelopak mata yang berwarna merah disekitar matanya.

Burung mata merah biasanya hidup dalam berkelompok bergerombol dalam satu kelompok bisa mencapai jumlah ratusan, tempat sarang burung mata merah banyak kita temukan pada jenis pohon pule bentuk sarangnya mirip seperti sarang burung manyar yang banyak kita jumpai di pohon bambu dan pohon tebu.

Untuk jenis makanan burung mata merah biasanya memakan bunga buangaan dan biji bijian yang kecil karena memang bentuk tubuh burung tersebut relatif mirip seperti burung sikatan, kutilang.
Baca juga:Cara merawat burung kutilang
Warna burungnya terlihat sangat gelap hitam pada area sekitar sayapnya dan hanya warna kelopak matanya saja yang berwarna merah.

Burung jenis mata merah
Burung mata merah sebenarnya mempunyai kicauan yang merdu dan bisa menirukan jenis burung lainya, tetapi sayangnya untuk menangkap burung mata merah memerlukan kesabaran dan exstra keras karena burung jenis ini sangatlah gesit ''didekati saja sudah kabur apalagi menangkapnya'' harus menggunakan jaring dalam menangkap burung tersebut.

Harga burung Mata merah 

Seperti yang kita lihat pada gambar burung mata merah diatas hanya memiliki warna bulu yang hitam saja ini juga sangat mempengaruhi nilai jual burung tersebut dan peminat burung mata merah untuk saat ini sangat kecil mengingat burung mata merah kalah pamor bila di bandingkan dengan jenis burung lainya.

Harga satu pasang burung mata merah yang berjenis kelamin jantan dan betina berkisar Rp.25.000 rupiah saja.

Berikut ini langkah cara merawat burung mata merah agar gacor rajin kicau setiap hari

  1. Pada umumnya burung tersebut menyukai biji bijian namun alangkah baiknya kita sesekali memberikan pakan berupa kroto
  2. Pakan kroto sebaiknya kita berikan 3 kali dalam seminggu
  3. Perawatan harian juga harus kita perhatikan dan bersihkan sangkarnya kemudian pad pagi hari burung kita mandikan.
  4. Setelah burung kita mandikan kemudian kija jemur pada jam 6.30 sampai dengan 07.30 atau hanya selama satu jam saja.
  5. Untuk menjaga kesehatan burung mata merah sebaiknya berikan pakan berupa asupan nutrisi yaitu buah buahan seperti apel dan juga buah pepaya.
0 Komentar untuk "Cara merawat burung mata merah agar pandai berkicau "

Hai! Saya ®ana Dengan adanya blog burungperkicau ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan © Blog ini membahas seputar burung dan juga cara merawat burung°

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau