Cara membedakan burung poci jantan dan betina

Sebelum kita bahas mengenai Cara membedakan burung poci jantan dan betina kita simak dulu ulasan tentang burung poci ini-Burung kacer atau sebutanya burung poci termasuk jenis burung petarung keunikan burung poci ini adalah apabila burung bertemu dengan jenis burung lainya akan mengeluarkan kicauan yang nyaring sama halnya dengan jenis burung petarung lainya burung poci terkenal karena kicauan suaranya yang melengking serta memiliki ritme yang stabil maka dari itu banyak sekali penggemar burung kicauan yang memelihara burung poci ini untuk di jadikan burung peliharaan.

Jenis makanan untuk burung kacer dengan nama sebutanya poci adalah jenis serangga kecil seperti jangkrik dan juga kroto bahkan ada beberapa pemilik burung memberikan makanan telur semut sebagai makanan tambahan untuk populasi burung poci berada di wilayah jawa sedangkan untuk ciri ciri burung kacer jawa memiliki tanda warna hitam yang ada pada bagian sayapnya sedangkan pada bagian tubuhnya sedikit warna putih di bulunya kita sebagai penggemar burung juga harus bisa meracik makanan kacer.

burung poci jantan
Sedangkan untuk burung kacer yang berasal dari sumatera memiliki ciri ciri sebagai berikut pada bagian dada hingga membentang di perut warna bulunya putih lalu pada kepala sampai dengan ekor memiliki warna hitam dan ada sedikit warna putih di sayapnya,kita sebagai penggemar burung kicau harus pandai dan mampu membedakan mana burung poci yang bersuara bagus dan tidak bagus tentu saja yang harus kita cermati adalah memilih jenis kelamin yang jantan karena poci jantan memiliki suara yang stabil dan lebih sering berkicau dari pada jenis burung poci betina.

Untuk memilih indukan yang bagus burung poci ini sangatlah penting sekali karena nantinya kita bisa melatih dan memberikan suara masteran dan alhasil burung akan pandai berkicau dan inilah perbedaan poci jantan dan betina

Burung kacer poci betina memiliki tanda tanda sebagai berikut:
  1. Burung kacer atau sebutanya poci betina bagian warna pada bulu dada cenderung kusam dan agak keabu-abuan.
  2. Bila dilihat dari atas burung kacer/poci betina agak menggelembung atau gempal.
  3. Ketika anakan mulai dewasa burung kacer/poci betina akan terlihat hitam pudar cenderung keabu-abuan dan agak sedikit warna hitam pada bulunya.

 Untuk burung berjenis kelamin jantan ciri-cirinya adalah

1. Apabila burung kacer/poci sudah dewasa lebih mudah untuk membedakan jenis kelamin jantan, dilihat pada warna bulunya jika warna hitam pada tubuhnya mengkilap maka kacer tersebut jantan.
2. Lihatlah pada bagian tubuhnya, tubuhnya tampak langsing, proporsional dan memanjang.
3. Lihatlah warna burung tersebut warna pada burung bakalan biasanya lebih tegas.
4. Berbeda dengan burung kacer/poci yang masih bakalan agak susah membedakannya, ketika masih trotol dilihat pada bagian dada biasanya di dominasi trotol hitam dan kombinasi warna putih kekuningan.
5.Pada anakan yang mulai dewasa pada bagian bulunya sudah mulai muncul walaupun hanya satu atau dua bulu saja.

lalu apakah burung kacer dengan sebutan poci ini bisa kita berikan suara masteran?

Bisa iya dan juga bisa tidak karena memang burung poci merupakan jenis burung peniru dengan hanya mendekatkan dengan jenis burung yang berbeda maka suara burung yang dihasilkan akan di tiru oleh burung poci, dari saking banyak nya penggemar burung kicauan pasti akan memilih burung kacer untuk ikut sertakan di ajang perlombaan.

Bila burung poci yang sudah dewasa maka kita harus selalu merawat kesehatanya dan juga menjaga kebersihan sangkarnya untuk harga burung kacer terbilang mahal untuk burung kacer bakalan di pasar burung dijual berkisar Rp.400 ribuan atau silahkan baca harga burung kicauan terbaru saat ini.
0 Komentar untuk "Cara membedakan burung poci jantan dan betina"

Hai! Saya ®ana Dengan adanya blog burungperkicau ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan © Blog ini membahas seputar burung dan juga cara merawat burung°