Cara merawat burung merpati kipas

Burung merpati kipas adalah salah satu burung hias yang paling unik diantara jenis burung lainya keunikanya terdapat pada bulu ekor yang mengembang seperti kipas sedangkan pada kedua kakinya banyak terselimuti banyak bulu maka dari itu banyak penggemar burung dara menangkarkan burung ini karena memang harga jual burung merpati kipas bisa di bilang mahal dan jenis burung yang mahal lainya adalah burung merpati balap,bagi para penggemar burung merpati ini untuk sekarang ini banyak yang berlomba lomba beternak merpati karena saat ini burung merpati sangat mudah untuk kita tenak.

Untuk mengembang biakkan burung merpati kipas yang berkualitas bagus maka kita bisa memadukan indukan caranya adalah memadukan indukan merpati kipas lokal dengan merpati impor dan saat ini merpati kipas yang paling terpopuler adalah merpati kipas jenis Jacobin, Fantai dan juga Pouter
Burung merpati balap
Burung merpati balap

Memulai beternak merpati kipas hias

Untuk beternak burung merpati kipas bagi pemula caranya sama dengan burung jenis merpati balap yang harus kita perhatikan adalah ukuran kandang,kebersihan kandang serta makanan burung itu sendiri, kita bisa membuat kandang pagupon tempat singgah merpati dengan menggunakan kayu triplek dan ukuran kandang bisa kita sesuaikan dengan ukuran tubuh merpati untuk merpati kipas sangkar paguponya agak sedikit lebar bila di bandingkan dengan merpati lokal (Rumahan).

Penerapan sangkar yang tepat bagi burung merpati

Ada 3 hal yang harus kita perhatikan bila kita akan memulai menangkarkan merpati diantaranya:
  1. Beternak merpati dengan menggunakan sistem umbaran.
  2. Menggunakan kandang yang berukuran besar dan kemudian kita sekat.
  3. System satu sangkar di isi dengan dua ekor burung
1. Untuk poin yang pertama dengan menggunakan sistem umbaran berarti burung merpati di biarkan bebas berkeliaran dan biarkan burung merpati mencari makan dengan sendirinya akan tetapi tetap saja kita buatkan sangkar pagupon bersekat,keuntungan bila menggunakan sistem umbaran adalah kita bisa menekan biaya pengeluaran untuk membeli pakan burung merpati tersebut dan burung merpati akan selalu tampak sehat.sedangkan untuk kekuranganya adalah terletak pada sistem keamanan bila kita menggunakan sistem umbaran maka burung akan berbahaya yang mana banyak hewan lainya yang akan memangsa biasanya adalah Kucing.

2. Beternak merpati dengan membuatkan pagupon yang berukuran besar kemudian kita sekat nantinya persekatan akan kita isi burung merpati satu buah pertempat tetapi kita harus memperhatikan ukuranya untuk ukuran sekatan jangan sampai terlalu sempit pokonya cukup untuk tempat tidur merpati satu ekor saja untuk ukuran sangkar pagupon merpati yang bagus maka buatkan sangkar yang ukuranya adalah panjang sangkar 80 cm Tinggi 50 Cm dan Lebarnya 50 Cm saja ini merupakan sangkar yang ideal bagi burung merpati.

3. Membuatkan sangkar yang di isi dengan dua ekor burung ini sangat cocok untuk bagi anda yang ingin beternak burung merpati kipas dengan kita buatkan sangkar kemudian hanya kita isi dengan 2 ekor burung merpati maka kebersihan akan selalu terjaga kelebihanya adalah bila sangkar burung yang agak lebar kita isi dengan dua ekor burung kipas maka pada bagian bulunya tidak akan cepat rontok karena leluasa di sangkar tersebut tapi jangan membuatkan sangkar sempit untuk burung merpati kipas ini akan merusak bulu merpati tersebut karena gesekan dengan sangkar.

Baca Juga:Cara mengetahui anakan burung merpati yang bagus

Memulai merawat burung merpati kipas dengan cara

Berikan pakan burung tersebut setiap pagi hari dan sore hari saja untuk jenis pakan yang baik dan tepat bagi burung merpati kipas adalah jenis biji bijian contohnya biji jagung dan biji padi.Berihkan kandang burung setiap 3 hari jangan membersihkan sangkar burung merpati dengan cara mengguyur dengan air.sediakanlah minuman dan taruh di seputar kandangnya.
0 Komentar untuk "Cara merawat burung merpati kipas"

Hai! Saya ®ana Dengan adanya blog burungperkicau ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan © Blog ini membahas seputar burung dan juga cara merawat burung°