Panduan cara beternak burung puyuh agar cepat bertelur

Beternak burung puyuh merupakan usaha yang bisa di jadikan bisnis yang tepat karena saat ini harga telur burung puyuh terbilang mahal untuk 10 butir telur puyuh di pasaran di jual sekitar 10 ribuan dan banyak peminatnya banyak sekali olahan yang berasal dari burung puyuh salah satunya adalah sebagai campuran capcai atau sate telur puyuh, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk beternak burung puyuh yang bisa menghasilkan banyak telur salah satunya adalah memperbanyak jumlah burung itu sendiri tentunya dengan kita memiliki banyak burung puyuh maka telur yang di hasilkanya juga akan semakin banyak.

Baca juga:Usaha ternak burung puyuh yang menguntungkan


Tahap pertama untuk beternak burung puyuh adalah proses pembuatan sangkar burung itu sendiri sangkar burung bisa kita buat dengan menggunakan kayu maupin ram raman besi yang sudah kita atur dengan panjang 3 meter lebar 1 meter dengaan masing masing jarak kita sekat dan di bagi menjdi 3 bagian dan di dalam satu kandang bisa menampung sekitar 100 ekor burung puyuh petelur, lalu kita masukkan burung tersebut kemudian kita berikan makanan burung tersebut dengan konsentrat yang perlu kita ketahui burung puyuh dapat bertelur tanpa keberadaan pejantan.
Sangkar burung puyuh petelur
Bagan kandang burung puyuh


Untuk gambaran lebih jelasnya untuk proses beternak burung puyuh adalah

  1. Proses pembuatan kandang burung puyuh - Kita bisa membuat kandang dilahan yang berada di pekarangan rumah kita ini di lakukan agar rumah terhindar dari bau kotoran burung petelur
  2. Pemesanan bibit burung puyuh - kita bisa memesan di tempat jual beli burung sebanyak yang akan kita beli atau kita bisa datang di pasar burung yang menjual burung puyuh petelur.atau untuk menghemat anggaran kita bisa membeli telur burung puyuh saja kemudian telur burung kita tetaskan dengan menggunakan alat penentas telur burung puyuh.
  3. Selanjutnya adalah mengetahui jumlah burung yang bisa kita masukkan kedalam kandang perlu kita ketahui kandang harus berisi burung dengan kepadatan yang tepat tidah banyak burung burung yang menempati satu kandang.
  4. Ukuran kandang kita bentuk 2 meter dan lebarnya kita sesuaikan dengan jumlah burung atau sebaiknya kita buat 70 cm saja sudah cukup dan tinggi 40 cm dalam satu kandang ini bisa kita masukkan burung puyuh petelur sebanyak 30 sampai 40 ekor saja.
  5. Apabila kita membuat sangkar bertingkat maka dalam satu sangkar bisa kita isi 200 ekor burung petelur 
Selanjutnya adalah perawatan burung puyuh untuk bisa menghasilkan telur maka sediakan pakan yang bergizi pada dasarnya burung puyuh menyukai makanan yang sama di konsumsi ayam atau kita bisa membeli pakan burung puyuh yang memang khusus untuk burung petelur,perlu di perhatikan burung puyuh tidak menyukai suara bising maka dari itu untuk peletakan sangkar jauhkan dari keramaian ini di lakukan agar burung tidak stres dan tidak cepat sakit
beternak burung puyuh
beternak burung puyuh agar cepat bertelur


Dalam satu hari burung puyuh bisa bertelur sebanyak 2 sampai 3 kali tetapi pada umumnya burung bertelur berjumlah 2 buah telur saja,setidaknya mulailah beternak burung puyuh karena selain kebutuhan konsumsi telur masyarakat kita semakin tinggi dan juga harga telurpun lumayan mahal dan bisa menguntungkan.