Usaha ternak sapi melalui proses penggemukan

Usaha ternak sapi saat ini sangat menguntungkan karena harga daging sapi hari demi hari selalu naik drastis apalagi menjelang hari raya dalam satu kilogram saja bisa di jual hampir 190 ribu rupiah.bagi peternak sapi khususnya pemilik ternak pasti menginginkan usaha peternakan sapinya bisa meraup keuntungan yang banyak namun ada beberapa cara yang harus kita lakukan agar sapi tersebut harganya sangat mahal nantinya bila kita jual salah satunya adalah pemberian pakan sapi dan juga teknik cara merawat sapi itu sendiri.
sapi

Kita bisa menerapkan cara penggemukan sapi dengan metode menggunakan jamu tradisional maupun jenis pakan sapi yang mempunyai nilai gizi tinggi.

jenis jenis sapi yang bagus untuk di ternak adalah

  • Sapi lokal
  • Sapi limosin
  • Sapi brahman dan juga
  • Sapi PO dan bali
Namun banyak masyarakan memilih jenis sapi brahman untuk di  pelihara karena jenis sapi brahman memiliki postur yang besar dan bila di jual pasti memiliki harga yang tinggi. proses penggemukan sapi bisa kita lakukan hanya dalam jangka waktu 3 sampai 4 bulan saja dengan menerapkan teknik penggemukan maka akan membuat berat badan sapi akan cepat gemuk.

Untuk memelihara sapi brahman agar cepat gemuk maka kita harus memberikan pakan konsentrat pakan sapi bisa kita beli di pasaran namun untuk menekan biaya untuk beli pakan sapi sebenarnya kita bisa membuat pakan tradisional maka dari itu untuk mengatasinya adalah membuat ramuan pakan dengan bahan bekatul yang kita campurkan dengan kunyit lalu kita campurkan jenis tumbuhan maupun buah buahan termasuk kulit semangka dll.

Jamu ramuan tradisional tersebut bisa berguna untuk meningkatkan nafsu makan sapi brahman maupun jenis hewan ternak lainya sebagai contoh manfaat kunyit itu sendiri.manfaat kunyit akan meningkatkan fungsi organ pencernaan sapi kita bisa juga memberikan pakan daun klobot atau daun pembungkus jagung untuk pakan sapi tersebut upayakan bila kita memiliki sapi maka jauhkan dari nyamuk yang suka menggigit kaki dan badan sapi untuk mengusir nyamuk tersebut maka buatkan asap yang kita taruh di kandang sapi.

Atau kita bisa membeli obat anti nyamuk yang bisa kita semprot ke badan sapi. ukuran kandang juga sangat mempengaruhi kondisi sapi itu sendiri tempatkan sapi di dalam kandang jangan terlalu lebar ini di lakukan agar olah gerak sapi terbatas dan sapi tersebut tidak banyak membuang kalori.