5 Tips Aman Membawa Burung Di Perjalanan

Banyak yang kurang mengetahui khususnya para penggemar burung kicauan pada saat membawa burung kicauan di tempat perlombaan tidak memperhatikan beberapa faktor yang bisa menyebabkan burung nantinya bisa stres ketika di tempat perlombaan dan akan berdampak burung terhadap burung yang kita bawa,lalu apakah faktor yang menyebabkan burung tersebut stres ketika datan di tempat perlombaan?
Beberapa hal yang harus kita perhatikan adalah
  1. Ukuran sangkar burung yang di pakai untuk menempatkan burung ketika akan di bawa perjalanan
  2. Warna kerodong yang akan di gunakan untuk membungkus sangkar 
  3. Mempersiapkam burung ketika akan di masukkan sangkar burung
  4. Kondisi jalan
Pada dasarnya ukuran sangkar burung juga berpengaruh terhadap kondisi burung maka dari itu tempatkan burung pada sangkar yang tidak terlalu kecil dan alangkah baiknya sangkar kita siapkan yang lebar. Selanjutnya adalah warna kerodong,pemilihan warna kain kerodong untuk pembungkus sangkar burung harus berwarna putih polos ini di agar burung tidak terlalu kepanasan bila nantinya di perjalanan apalagi jarak yang di tempuh jauh sekali, bila warna putih kita pilih maka warna kain putih bisa memantulkan cahaya dari sinar matahari dan suhu di dalam sangkar burung tidak panas namun apabila warna kain hitam maka akan menyerap sinar matahari dan bisa mengakibatkan dalam sangkar burung menjadi panas dan ini akan berdampak buruk bagi burung kicauan.
kerodong burung

Persiapkan burung ketika akan di masukkan sangkar caranya adalah sebelum burung akan kita bawa maka burung kita semprot dengan air ini agar bulu burung basah dan nyaman ketika berada di dalam sangkar,bawalah burung dengan hati hati khususnya di jalan yang ramai, dan hidarilah benturan usahakan mencari rute yang sepi.

  1. Ketika membawa burung cara yang tepat adalah usahakan sangkar kita beri kerodong agar tidak kepanasan ini khusus bagi pembawa burung yang mengendarai sepeda motor dan bagi yang membawa mobil maka makan tidaklah perlu kerodong yang harus kita perhatikan adalah suhu mobil alangkah baiknya kita set ac pada suhu yang tidak terlalu dingin
  2. Untuk jenis burung yang memiliki badan besar maka kita hanya perlu membawanya dengan cara kita selimuti dengan kain
  3. Selalu sediakan pakan di dalam sangkar burung ketika akan menempuh perjalanan jauh
  4. Sebelum burung kita masukkan sangkar ketika akan berangkat tambahkan makanan yang berfitamin maupun jenis pakan ef
  5. Setelah sampai di tempat perlombaan maka segeralah kerodong kita buka dan tempatkan sangkar di tempat teduh dan berikan minuman dengan cara memberikan air di tempat minum burung.