Cara mengatasi burung kutilang dewasa miyik

Ada beberapa faktor yang menyebabkan burung kutilang miyik,miyik berarti seperti anak burung yang sedang minta lolohan,miyik diakibatkan karena prilaku burung di alam bebas biasanya ini banyak kita temukan pada jenis burung yang baru kita beli dari hasil tangkapan liar di hutan dan burung kekurangan vitamin.banyak yang kurang pahan tentang burung dewasa yang bersuara miyik mereka hanya mengira bahwa burung kutilang tersebut masih anakan,tak hanya burung kutilang saja yang sering bersuara miyik namun burung cendet juga sering bersuara miyik.

Untuk burung cendet silakan baca Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik Dan Mbagong
Apabila penyebabnya adalah kekurangan vitamin maka sebaiknya burung kutilang kita berikan pakan tambahan berupa EF atau berikan pakan yang lebih namun tidak berlebihan pakan burung kutilang adalah jenis buah buahan seperti pisang dan pepaya.

Cara mengatasi kutilang miyik bersuara seperti anak burung yang berumur 1 sampai 2 bulan

  1. Pola cara merawat yang benar,sebaiknya jangan terlalu sering kita berikan pakan dengan cara di loloh namun hanya kita umbar saja,berikan pakan di sangkar saja sudah cukup
  2. Bila burung kutilang terlanjur mengeluarkan suara mirip miyik,piyik maka yang harus kita lakukan adalah memberikan teman burung kutilang disini sediakan burung yang berjenis sama,atau tempatkan sangkar burung kutilang berdekatan dengan sangkar burung kutilang lainya.
  3. Sesekali berikan pakan berupa jangkrik saya sarankan berikan jangkrik 1 minggu sekali saja jumlahnya 3 ekor.
  4. Usahakan jangan terlalu sering kita peteti atau kita berikan suara suara siulan dan jangan melambaikan tangan.
  5. Berikan fitamin seminggu sekali ini akan membuat badan burung selalu fit
Sebagai catatan memiliki burung kutilang yang terkadang bersuara miyik itu adalah hal yang wajar,memang prilaku miyik pada burung kutilang sudah ada di alam liar,tanda khusus burung kutilang tersebut miyik adalah kekurangan pakan dan intinya adalah sediakanlah pakan yang lebih namun jangan sampai kekurangan