Ciri ciri burung sirtu jantan dan betina

Burung Sirtu atau bisa juga disebut cipoh namun ada juga yang menyebutnya cipo burung ini memiliki suara kicauan yang ropel daerah perkembangan burung sirtu meliputi pulau jawa dan sumatera namun di beberapa pulau lainya burung sirtu juga masih bisa kita temukan khususnya di ambon maluku,untuk burung yang banyak kita jumpai di kepulauan maluku adalah burung mata merah dan juga burung perkutut yang masih banyak berkeliaran di area lantamal ambon.burung nuri juga masih banyak kita temukan di ambon padahal burung nuri bukan berasal dari kota ambon melainkan dari ternate,namlea, pulau banda.
ciri jantan dan betina burung sirtu
Burung kicau jenis sirtu


Sebagai penggemar burung kicauan tentunya tidak akan sulit untuk membedakan jenis kelamin burung sirtu namun bagi yang awam pasti akan terlihat kesulitan.untuk mengetahui jenis kelamin burung sirtu cipu kita bisa melihatnya secara fisik dengan melakukan pengamatan terhadap burung sirtu itu sendiri langkah ini diperlukan  bagi anda yang baru saja membeli burung sirtu di pasar burung.

Jenis makanan yang baik untuk burung sirtu adalah seranggan jenis kroto (anak rangrang) memang sih di alam bebas burung sirtu menyukai rangrang sebagai makananya utamanya selain serangga laba laba,biasanya burung sirtu mencari pakan di pagi hari sekitar jam 7 sampai dengan jam 9 pagi,burung sirtu biasa mencari pakan di pohon trembesi,pohon jati dan juga pohon yang tersedia serangga.dan di alam bebas banyak bersarang di pohon jati.untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin burung sirtu jantan dan betina silakan simak ulasanya berikut ini.

Cara membedakan jenis kelamin sirtu jantan dan betina

  1. Untuk megetahui perbedaan jantan dan betina lihatlah pada bagian sayap burung sirtu tersebut apabila syap burung sirtu berwarna hitam dan ada sedikit warna putih dan banyak sampai ke ujung sayap maka bisa di pastikan burung sirtu berjenis kelamin jantan.
  2. Burung sirtu jantan pada bagian pahanya terdapat banyak bulu bila dibandingkan dengan sirtu betina.
  3. Perhatikan pada bagian pinggul burung sirtu pada bagian pinggul bawah sayapnya banyak berwarna putih maka burung tersebut berjenis kelamin jantan apabila warnanya tampak sedikit berarti betina.
  4. Amati ekornya,Burung sirtu jantan bulu ekornya mengumpul menyatu tidak mekar melebar.
  5. Perbedaan jenis kelamin jantan bisa dengan mudah dengan melihat warna lidahnya apabila lidah berwarna agak gelap maka burung tersebut berjenis jantan
Suara burung sirtu sangat indah dan keras sekali umunya untuk burung sirtu jantan suaranya ropel cerr krekk tiut tiut dan ropel sadangkan yang betina hanya cerr krekk saja,harga burung sirtu saat ini sekitar 200 ribuan demikianlah informasi mengenai ciri maupun perbedaan jenis kelamin jantan dan betina terimakasih salam.