Cara merawat burung Sirtu Cipoh anakan agar jinak

Sebenarnya untuk cara merawat burung sirtu tidak jauh berbeda di bandingkan dengan perawatan jenis burung lainya namun bila kita baru memiliki burung anakan jenis sirtu maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan mulai dari jenis pakan yang baik untuk anak (trotolan) dan juga waktu yang tepat memberinya makan,di alam bebas burung sirtu menyukai jenis serangga rangrang atau kroto dan juga laba laba akan tetapi jenis pakan tersebut tidak berlaku bagi anakan burung sirtu.

Bagi penggemar burung kicauan akan senang bila memiliki burung sirtu yang berjenis kelamin jantan daripada yang berjenis kelamin betina,ini karena burung sirtu jantan memiliki suara kicauan yang gacor untuk itu maka sebaiknya silakan baca Cara mengetahui jenis kelamin burung sirtu

Cara merawat burung Sirtu Cipoh anakan agar jinak
 

Jenis pakan yang baik untuk anakan burung sirtu adalah:

  1. Tahu,tahu merupakan makanan yang banyak mengandung protein maka dari itu sangat baik untuk burung sirtu,berikan pakan tahu yang telah kita tumbuk hancurkan menjadi lembut lalu kita berikan dengan cara menggunkan teknik lolohan,dengan menggunakan cara lolohan ini juga akan membuat burung sirtu cepat jinak untuk waktu meloloh anakan burung sirtu sekitar jam 6 pagi.berikan pakan 4 kali dalam sehari.
  2. Berikan pakan berupa SUN,pakan sun juga sangat cocok untuk burung sirtu dan juga di sukai burung lovebird anakan
  3. Serangga jenis ulat hongkong juga sangat cocok untuk kita berikan anakan burung sirtu berikan sebanyak 5 ekor saja jangan terlalu banyak,berikan 4 kali dalam sehari jam 6 jam 10 jam 2 dan jam 5.
Cara merawat anakan sirtu sangat mudah sekali yang harus kita perhatikan sebenarnya adalah kebersihan sangkar nya.maka bersihkan sangkar dari sisa makanan maupun kotoran yang menempel pada bagian bawah sangkar namun bila anakan masih di sarangnya maka bersihkan juga sarangnya.

Perawatan harian burung sirtu dewasa

  •  Setiap pagi hari usahakan burung sirtu dewasa kita jemur di teriknya matahari pagi sekitar jam 7 sampai dengan jam 8 pagi saja.
  • Setelah burung sirtu kita mandikan jemur selanjutnya kita berikan pakan berupa ulat hongkong dan serangga jenis jangkrik,jangkrik merupakan pakan yang baik agar sirtu cepat gacor dan suara yang di hasilkan bisa ngeplong
  • Setelah kita berikan pakan selanjutnya mandikan burung dengan cara semprot pada bagian bulu bulunya lalu kita jemur lagi selama setengah jam saja.
  • Setelah setengah jam kita jemur angkat sangkar dan tempatkan sangkar burung sirtu di tempat teduh di teras rumah maupun di bawah pohon (sangkar kita gantung).
  • Bila perlu berikan masteran suara suara kicauan burung.