Teknik cara berburu ayam hutan dan burung, babi

Berburu adalah cara menangkap, mencari hewan liar yang dilakukan dengan menggunakan alat yang di namakan jebakan (Teknik menagkap dengan membuat jebakan) atau bisa menggunakan ketapel jenis hewan yang banyak di buru adalah ayam alas atau sebutanya ayam hutan, burung meliputi burung tekukur, burung perkutut, burung kutilang dan jenis burung lainya sedangkan untuk hewan biasanya yang paling banyak di buru adalah babi. sebagai penggemar burung kicauan selain hoby memelihara burung pasti mereka juga hoby berburu maka di sini kita akan memberikan gambaran sederhana tentang teknik berburu jenis babi dan burung

Sebelum kita melakukan perburuan ada beberapa cara yang harus kita siapkan meliputi

  • Alat berburu contoh alat berburu yaitu apabila kita ingin berburu burung maka siapkan jebakan burung
  • Bekal untuk berburu-apabila kita ingin berburu di hutan maka sediakan bekal makanan minuman dan kesehatan yang fit,untuk berburu hewan selain menyediakan alat kita juga harus memiliki tubuh yang sehat dan fit contohnya untuk berburu babi kita harus mengejar berlari.
  • Sediakan anjing peliharaan- sebagai contoh kita akan berburu babi biawak maka kita perlu anjing pelacak selain anjing berfungsi sebagai penunjuk akan keberadaan babi anjing juga berfungsi sebagai penjaga dan siapkan pula ram raman yang terbuat dari kawat melingkar
  • Berburu dengan cara menggunakan alat perekat yaang biasa kita namakan pulut, pulut berasal dari getah pohon karet dan banyak di jual di beberapa pasar burung di kota anda harga pulut atau perekat untuk menjebak burung sekitar Rp.10.000,. rupiah saja
  • Siapkan alat jerat burung bisa berupa tali rafia maupun jenis tali yang lainya pokoknya kuat, untuk alat jerat biasanya di gunakan untuk menjerat ayam alas maupun burung perkutut dan tekukur.
  • Siapkan sangkar yang telah kita isi dengan burung apa saja yang berjenis kelamin betina maupun burung yang sudah gacor.
  • Berburu dengan teknik mengendap endap. 
  • Yang terahkir adalah menentukan lokasi perburuan.
Demi kelancaran berburu maka di perlukan kesehatan dan daya tubuh yang fit maka dari itu pemburu di haruskan menyedikan bekal berupa makanan dan minuman siapkan makanan tersebut dan simpan di tas ransel.

Mari kita bahas satu persatu, Kita mulai dari cara berburu burung perkutut,tekukur dengan menggunakan jebakan. jebakan bisa kita buat dengan cara membuat jebakan burung sederhana menggunakan tali rafia dan beberapa ranting bambu atau silakan lihat gambar jebakan burung di bawah ini.Jebakan burung tersebut juga bisa kita gunakan untuk menjerat ayam hutan atau ayam alas yang liar.

cara membuat Jebakan burung sederhana
Jebakan Burung Untuk Berburu

Untuk cara berburu babi hutan maka siapkan jebakan berupa alat jerat yang terbuat dari kawat atau untuk alat jerat babi sudah di jual di pasar harga alat jerat babi berkisar 200 ribuan hingga 500 ribuan, harga tersebut tergantung dari kualitas alat jerat misalkan alat jerat dari kawat duri bisa lebih mahal bila di bandingkan dengan alat jerat babi dengan menggunakan anyaman tali, cara menjerat babi adalah taruhlah alat jerat yang sering di lalui babi kemudian kita lepaskan anjing untuk melacak keberadaan babi tersebut.

harga alat jerat babi

Cara berburu di malam hari-Untuk berburu dengan cara mengendap atau biasa di sebut suloh menyuloh siapkan senter dan teknik berburu yang paling mudah adalah dengan cara ini yaitu menyuloh (mengendap) cara menyuloh dengan cara tentukan pohon yang sering di gunakan burung untuk tidur, maka dari itu kita berburu di malam hari untuk tempat yang banyak di singgahi burung untuk tidur yaitu untuk jenis burung sirtu,cipoh, prenjak biasanya mereka tidur di pohon pepaya.

Teknik berburu dengan membuat jebakan sangkar caranya adalah sangkar kita isi dengan jenis burung yang akan kita jebak misalkan burung cendet maka isi sangkar burung tersebut dengan burung cendet kemudian kita taruh di area terbuka, sebelumnya kita taruh disisi sangkarnya berupa alat perekat yang sudah kita rekatkan di kayu, ini agar nantinya burung liar mendekati ke sangkar dan akhirnya kaki burung rekat pada ujung sangkar.
Getah pohon karet


Demikianlah 5 cara berburu hewan dan burung mudah mudahan bisa anda terapkan untuk menangkap hewan liar sebagai catatan berburu harus berhati hati karena banyak sekali hewan jenis burung yang saat ini di lindungi negara contohnya burung kakatua, kakatua raja dan jenis burung lainya.